ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MEWUJUDKAN KUALITAS PELAYANAN STNK KANTOR SAMSAT DI SAMARINDA (Alwan Azhar)

Submitted by: Azhar, Alwan
On: Jun 5, 2017 @ 5:08 AM
IP: 36.82.231.48

  • Judul artikel eJournal: ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MEWUJUDKAN KUALITAS PELAYANAN STNK KANTOR SAMSAT DI SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Alwan Azhar
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Mewujudkan Kualitas Pelayanan STNK Kantor SAMSAT di Samarinda dan untuk mengidentifikasikan faktor penghambat Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Mewujudkan Kualitas Pelayanan STNK Kantor SAMSAT di Samarinda. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dan fokus penelitian ini adalah : 1. Input sistem informasi manajemen Samsat: a.Penyiapan Database b. Cek Fisik c. Kelengkapan berkas pemohon 2. Proses sistem informasi manajemen pembuatan/perpanjangan STNK : a. Proses dari petugas pendaftaran b. Proses dari petugas pendataan c. Proses dari petugas Validasi/Korektor d. Proses dari petugas pembayaran PNBP/Kasir e. Proses dari petugas penyerahan f. Proses dari petugas arsip 3. Output sistem informasi Manajemen Samsat (STNK) 4. Faktor penghambat. Jenis dan Sumber Data yang digunakan adalah data primer, Teknik Purposive Sampling dan data sekunder, serta tenik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Kantor Bersama Samsat Samarinda dalam pembuatan STNK dengan penerapan sistem informasi Manajemen (SIM) juga ditinjau dari kemudahan/sederhana dan kepastian waktu/ketepatan waktu sudah berjalan baik dan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Faktor penghambat penerapan sistem informasi manajemen dalam mewujudkan kualitas pelayanan kantor Samsat di Samarinda adalah kurangnya pengetahuan dan kesadaran pemohon pemula tentang syarat dan berkas yang harus dibawa dalam pengurusan STNK, adapun kendala lain yaitu peralatan yang terkadang mengalami kerusakan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Sistem Informasi Manajemen (SIM), Kualitas Pelayanan, STNK, SAMSAT
  • NIM: 1102095161
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Administrasi Bisnis
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. M. Zaini, M.Si & Drs. M. Z. Arifin, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Bisnis
  • Volume: 5
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (06-05-17-05-08-33).doc (99 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (06-05-17-05-08-33).pdf (238 kB)

Print Friendly