Strategi Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Nusantara Di Kalimantan Timur (Abdul Ariz)

Submitted by: Ariz, Abdul
On: Nov 8, 2018 @ 4:41 AM
IP: 180.248.99.129

  • Judul artikel eJournal: Strategi Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Nusantara Di Kalimantan Timur
  • Pengarang (nama mhs): Abdul Ariz
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Peningkatan kunjungan wisatawan tentunya tidak lepas dari upaya yang dilakukan Dinas. Dinas ini bertanggung jawab terhadap perencanaan, pengembangan, serta peraturan dan mengadakan pembinaan terhadap industri kepariwisataan di daerah secara menyeluruh dalam upaya peningkatan kunjungan wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian yaitu informan kunci (keyformen) dan informan pendukung (Informen). Sumber data yang diperoleh melalui data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah bahwa Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur melakukan periklanan kepada wisatawan nusantara, yaitu melalui media lini atas (above the line) yaitu media cetak (surat kabar), media elektronik (televisi, radio, web), media luar ruang dan media lini bawah (below the line) yaitu pameran dan point of purchase (brosur, booklet, leaflet). Selain itu terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam mempromosikan Kalimantan Timur. Faktor pendukung nya yaitu adanya dukunyang mitra kerja dengan dukungan tersebut dapat meyebarkan informasi dan segala kegiatan pariwisata kepada masyarakat secara langsung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu fluktuasi anggaran dana yang diberikan pemerintah Provinsi, Mengoptimalkan seluruh bentuk-bentuk promosi pariwisata sehingga promosi yang dilakukan Dinas sebagai alat pendukung untuk menyampaikan informasi kepariwisataan kepada public, menambah mitra kerjasama baik media elektonik maupun media cetak bersekala nasional, dan media internet sebagai media interaktif seperti menggunakan jaring sosial facebook, twitter, instagram dan youtube channel dalam mempromosikan daya tarik wisata Kalimantan Timur.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi promosi, Pariwisata
  • NIM: 1302095342
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Administrasi Bisnis
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: I Wayan Sudarmayasa, S.Par., M.Par, Fareis Althalets, S.Par., M.M.Par
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Bisnis
  • Volume: 6
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Abdul Ariz (11-08-18-04-41-27).doc (114 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Abdul Ariz (11-08-18-04-41-27).pdf (220 kB)

Print Friendly