Peran Duta Wisata Dalam Mempromosikan Kepariwisatan Di Kota Samarinda (Studi Kasus Duta Wisata Kota Samarinda Tahun 2018) (Angela Tia Kusuma Putri)

Submitted by: ,
On: Sep 9, 2019 @ 10:25 PM
IP: 114.125.182.154

  • Judul artikel eJournal: Peran Duta Wisata Dalam Mempromosikan Kepariwisatan Di Kota Samarinda (Studi Kasus Duta Wisata Kota Samarinda Tahun 2018)
  • Pengarang (nama mhs): Angela Tia Kusuma Putri
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Promosi pariwisata membantu menarik wisatawan untuk mengunjungi destinasi, baik kota atau wisata lainnya. Jika kurangnya kegiatan promosi dikhawatirkan akan menyebabkan berkurangnya jumlah kunjungan wisatawan di Kota Samarinda yang nantinya juga akan berdampak buruk bagi pembangunan bahkan perekonomian daerah. Penelitian ini membahas mengenai Peran Duta Wisata Kota Samarinda dalam teknik promosi pariwisata terhadap objek daya tarik wisata yang ada di Kota Samarinda, dimana Duta Wisata Kota Samarinda merupakan salah satu media promosi pariwisata oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda. Fokus penelitian ini ialah Peran Duta Wisata Kota Samarinda berdasarkan teknik promosi yang telah diterapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda yaitu advertising, personal selling, dan public relation. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui studi pustaka dan wawancara. Analisis data pada penlitian ini mengacu pada model analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dimana data yang di dapat akan di analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Duta Wisata Kota Samarinda telah berperan dalam mempromosikan pariwisata Kota Samarinda melalui teknik promosi pariwisata advertising yaitu sebagai Tourism ambassador pariwisata Kota Samarinda di media periklanan seperti televisi, Koran dan billboard. Pada personal selling Duta Wisata sebagai informan yang memberikan penjelasan mengenai daya tarik wisata dan menghasilkan kunjungan wisatawan, serta dalam public relation Duta Wisata sebagai influencer yang memperkenalkan daya tarik Kota Samarinda melalui media sosial instagram.Hal-hal yang menghambat Duta Wisata dalam mempromosikan kepariwisataan Kota Samararinda adalah waktu dan dana untuk merealisasikan promosi sesuai program kerja pribadi. Sedangkan untuk pendukungnya ialah Designer, Dinas Pariwisata Kota Samarinda, dan masyarakat yang ikut ambil bagian dalam kegiatan promosi kepariwisataan yang dilakukan duta wisata.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran, Duta Wisata, Promosi Pariwisata
  • NIM: 1502095115
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Administrasi Bisnis
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dra. Lilis Juliati, M.AP, Fareis Althalets, S.Par., MM
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Bisnis
  • Volume: 7
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_genap (09-09-19-10-25-13).pdf (614 kB)

Print Friendly