Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Air Mineral Asa Di Samarinda (Fida Fathimah)

Submitted by: Fathimah, Fida
On: Nov 20, 2013 @ 1:47 AM
IP: 180.248.70.86

  • Judul artikel eJournal: Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Air Mineral Asa Di Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Fida Fathimah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): PT. Asa Sumber Rezeki merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam memproduksi air minum dalam kemasan (AMDK), dimana tingkat persaingan bisnis ini cukup ketat. Untuk menarik minat konsumen, perusahaan dituntut untuk mampu melakukan pemasaran yang tepat sasaran, sehingga perusahaan bisa mengetahui apa saja yang menjadi daya tarik untuk meningkatkan jumlah penjualannya.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor bauran pemasaran yang terdiri dari produk ( ), harga ( ), tempat/distribusi ( ), dan promosi ( ) terhadap kepuasan konsumen (Y) air mineral Asa di Samarinda, serta untuk mengetahui variabel bauran pemasaran mana yang paling berpengaruh. Pengambilan data dilakukan dengan pengumpulan data primer melalui kuisioner, sedangkan metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
    Hasil analisis dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Services Solution) versi 20 menunjukkan bahwa price secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil koefisien regresi Y=2,578+0,074 +0,275 -0,049 +0,083 menunjukkan variabel produk ( =0,074), harga ( =0,275), tempat/distribusi ( =-0,049), dan promosi ( =0,083). Nilai R (Koefisien Korelasi) yang diperoleh sebesar 0,243 atau 24,30% dan nilai R Square (Koefisien Determinasi) sebesar 0,059 atau 5,9%.
    Hasil uji simultan (Uji F) menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel produk, harga, tempat/distribusi, dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen air mineral Asa di Samarinda. Hasil uji parsial (Uji t) menunjukan bahwa hanya variabel harga yang berpengaruh signifikan sedangkan variabel produk, tempat/distribusi, dan promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen air mineral Asa di Samarinda.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Produk, harga, tempat/distribusi, dan promosi
  • NIM: 0902095051
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Administrasi Bisnis
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Heryono Susilo U, M.Si / Ir. Noercahyono, MM
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Bisnis
  • Volume: 1
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): FIDA FATHIMAH (11-20-13-01-47-44).pdf (586 kB)

Print Friendly