Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan WIKA SWH Pada CV Lumbung Mustika Sentosa Samarinda (Hasanuddin Hidayaturachman)

Submitted by: Hidayaturachman, Hasanuddin
On: May 10, 2014 @ 5:37 AM
IP: 36.75.92.40

  • Judul artikel eJournal: Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan WIKA SWH Pada CV Lumbung Mustika Sentosa Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Hasanuddin Hidayaturachman
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Bauran promosi adalah merupakan kombinasi dari alat promosi yaitu, periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan dan publisitas yang dirancang untuk menjual barang dan jasa. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan model regresi Y = a + b1x1 + b2x2 + b3x3 + e didapatkan hasil perhitungan analisis dan dengan menggunakan program SPSS for Windows, dengan tingkat kepercayaan 95% ( = 5%) dan df = 3 ; 2 diperoleh nilai Ftabel = 19,16 sedangkan nilai Fhitung = 1170,5 sehingga dapat dikatakan Fhitung lebih besar dari Ftabel sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Sehingga hipotesis I yang menyatakan bahwa diduga secara bersama-sama variabel Advertising (X1), Personal selling (X2) dan Sales promotion (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap penjualan (Y), dapat diterima atau dibuktikan secara statistik.
    Dilihat dari besarnya koefisien regresi dapat diketahui variabel bebas X1 (advertising) adalah variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan dibandingkan dengan variabel bebas yang lain. Hal ini dapat diketahui karena variabel bebas X1 (advertising) mempunyai nilai koefisien regresi tertinggi yaitu 1.070 dibandingkan dengan variabel bebas yang lain. Sehingga hipotesis kedua yang menyatakan bahwa advertising mempunyai pengaruh dominan terhadap penjualan diterima.
    Adapun saran bagi perusahaan yaitu hendaknya mewujudkan strategi pemasaran yang mampu meningkatkan volume penjualan WIKA SWH pada CV Lumbung Mustika Sentosa, maka perusahaan dituntut untuk tetap konsisten terhadap pola-pola bauran promosi yang diduga memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan nilai penjualan dan banyak melakukan inovasi dan terobosan-terobosan baru dalam hal bauran promosi sekaligus melakukan kajian komprehensif terhadap faktor-faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi kinerja perusahaan seperti kondisi ekonomi nasional yang banyak dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dunia, persaingan bisnis, dan lain-lain.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Bauran Promosi, Penjualan
  • NIM: 0802085028
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Administrasi Bisnis
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: DR. Makmur, SE., M.Si / Ir. Noercahyono, MM
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Bisnis
  • Volume: 2
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Hasanuddin Hidayaturachman (05-10-14-05-37-25).pdf (200 kB)

Print Friendly