Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Citra Van Titipan Kilat Samarinda (Sohibul Rosyidi)

Submitted by: Rosyidi, Sohibul
On: Sep 11, 2014 @ 5:54 AM
IP: 103.31.207.25

  • Judul artikel eJournal:Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Citra Van Titipan Kilat Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Sohibul Rosyidi
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata):
    Bisnis jasa penitipan/ekspedisi di Indonesia memiliki persaingan yang sangat kompetitif dan perkembangan bisnis yang sangat pesat serta pelaku usaha ekspedisi harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh relationship marketing yang terdiri dari manfaat keuangan (X1), manfaat sosial (X2), dan ikatan struktual (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y) PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) di Samarinda, serta untuk mengetahui variabel relationship marketing mana yang paling berpengaruh. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan corporate TIKI di Samarinda. Sampel penelitian berjumlah 68 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut : Y= 1.458 a + 0,101 X1 + 0.299 X2 + 0,202 X3. Hasil uji simultan (Uji F) menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel manfaat keuangan (X1), manfaat sosial (X2) dan ikatan struktural (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) TIKI di Samarinda. Hasil uji parsial (Uji t) menunjukan bahwa hanya variabel manfaat sosial (X2) yang berpengaruh signifikan, sedangkan variabel manfaat keuangan (X1) dan ikatan struktural (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) TIKI di Samarinda. Hasil perbandingan koefisien regresi menunjukan bahwa, variabel yang paling berpengaruh adalah variabel manfaat sosial (X2). Nilai R (Koefisien Korelasi) yang diperoleh sebesar 44% dan nilai R Square (Koefisien Determinasi) sebesar 19,4%.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Manfaat keuangan, manfaat sosial, ikatan struktural dan loyalitas
  • NIM: 1002085045
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Administrasi Bisnis
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Ir. Noercahyono. MM dan Rr. Marliana. SE, MM
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Bisnis
  • Volume: 2
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): sohibul jurnal pdf (09-11-14-05-54-17).pdf (344 kB)

Print Friendly